My Work.
from Land, Aerial and Underwater

Bhinneka Tunggal Ika: Demonstrasi Damai 4 November 2016

Ketika saya putar sebuah klip video dari demonstrasi 4 November kemarin, terdengar para demonstran sedang menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya lalu sejenak saya terbayang ketika berada di lokasi, mendengar teriakan-teriakan, cacian, bunyi-bunyian yang riuh di kuping.

Dari suara di video itu saya lanjutkan 'menjahit' beberapa klip video lainnya dan menambah teks yang kira-kira menggambarkan isi kepala saya, betapa banyaknya dan betapa ruwet serta riuhnya bila semua pihak hanya mau kepentingan dan keinginannya saja yang terjadi dan terpenuhi; singkat kata "kebisingan situasi".

Seperti demonstrasi besar lainnya yang diikuti ribuan orang, selalu ada pembicaraan yang beredar tentang isu ini dan isu itu, kekhawatiran akan terjadi bentrokan disebabkan oleh pihak-pihak yang mengambil kesempatan untuk membuat kekacauan. Saya pribadi juga khawatir ketika berada di lokasi, sambil berjalan bersama teman saya Iwan diantara ribuan demonstran, diam-diam saya berharap hari itu tidak akan terjadi kekacauan.



Sangat disayangkan pada akhir demonstrasi sempat terjadi kericuhan namun dapat segera diredam. Ada dua hal yang berbeda dan sangat menonjol dari demonstrasi 4 November, yaitu:

1. Ada orang-orang yang membawa plastik dan memungut sampah-sampah bekas makanan dan minuman
2. Para demonstran saling mengingatkan untuk tidak menginjak rumput dan merusak taman

Yang artinya ada kemajuan, dan buat saya pribadi sangat menyenangkan. Semoga saja tidak dilakukan hanya ketika demonstrasi tapi di kehidupan sehari-hari, Jakarta bisa lebih bersih dan nyaman pasti!

Salut kepada semua pihak yang dapat menahan diri untuk tidak tersulut amarah dan hasutan dari pihak/orang tertentu, termasuk orang-orang pintar yang tidak mudah klik dan share postingan tanpa tahu atau memeriksa kebenaran, manfaat, dan kebaikannya bagi diri sendiri dan orang lain, semoga ke depan akan lebih banyak orang baik seperti Anda!

Salam Bhinneka Tunggal Ika!

-INDONESIA SATU-


Video ini inspirasinya dari sebuah shot video yang diambil oleh rekan saya Iwan (Ridhwan Ermalamora Siregar | www.ridhwansiregar.com), yaitu shot pertama dalam video ini.

- selesai -
Otto Ferdinand Otto Ferdinand Author

Follow me on instagram

Follow me on instagram

Follow me on twitter

Follow me on twitter